Minggu, 07 Februari 2010

Persiapan Berangkat


menjelang naik
Originally uploaded by Jack Febrian Rusdi
Setelah menunggu beberapa jam, tibalah saatnya untuk bersiap untuk naik pesawat. Semua calon jemaah yang tergabung dalam kloter 39 JKS diminta untuk mempersiapkan diri, diantaranya mempersiapkan dokumen imigrasi. Lalu semua jemaah dikumpulkan di suatu tenda di luar hall tadi. Tidak ada hambatan yang terlalu berarti di sini, karena umumnya dokumen yang dibutuhkan sudah ditempatkan pada tas pinggang. Jadi tinggal mengeluarkannya.
Karena perjalanan diperkirakan sekitar sembilan jam, direct dari Cengkareng ke Madinah, dan waktu pemberangkatan menjelang magrib, umumnya jemaah berwudhu. Khusus Gelombang Pertama Tujuan Pesawat langsung ke Madinah, sedangkan untuk Gelombang kedua Tujuan Pesawat adalah Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.
Berbagai fasilitas tersedia di tempat menunggu ini. Termasuk tempat berwudhu. Mengingat Terminal 3 Cengkareng ini memang dipersiapkan khusus untuk pemberangkatan haji. Sehingga fasiltias pendukung pun sudah mereka sediakan, meskipun mungkin terminal ini hanya digunakan 1 tahun sekali.
Barang-barang tidak lagi diperiksa di sini, jadi tinggal siapkan passport / dokumen perjalanan, menunggu jadwal pemberangakatan, lalu.... Naik Pesawat.
Menariknya, di sini tidak ada proses check-in ke perusahaan penerbangan :)

1 komentar:

  1. sukron,informasinya bs mbantu bagi kita yang mau beribadah haji, jazakillah

    BalasHapus