Sabtu, 06 Februari 2010

Ciri khas Agar Mudah Dikenali


Gelang jemaah haji
Originally uploaded by Jack Febrian Rusdi
Bisa dibayangkan, pada saat kami melaksanakan ibadah haji ini jumlah Jemaah yang berangkat Haji diperkirakan sebanyak 3 juta orang. Tentu untuk banyak kondisi tidak mudah dikenali mana yang satu kelompok. Jemaah haji Indonesia memiliki ciri khas melalui Jaket yang diatur bentuk serta pewarnaannya oleh Panitia Pusat.
Begitu juga dengan masing-masing rombongan, mereka membuat cirikhasnya masing-masing. Rombongan kami memilih sebuah untel-untel (semacam bola terbuat dari kain), untel-untel ini pada laki-laki ditempelkan pada kopiah/peci, sedangkan untuk wanita ditempelkan dikepala pada kain jilbab yang mereka kenakan. Disamping itu, kami juga diberi satu kacu/kain segitiga berwarna kuning yang sangat disarankan untuk selalu digunakan, sehingga dapat mudah dikenali oleh sesama anggota lainnya.
Hal ini bisa dianggap sepele untuk kondisi tertentu, namun dalam banyak hal penggunaan identifikasi ini sangat membantu. Misalnya pada saat berada pada keramaian yang amat padat, mungkin saja ada yang hampir nyasar, namun karena mengenal identitas kawan satu regu/rombongan/kloter tentu suatu kelompok dapat dengan mudah menyatu kembali.
Penulis menyarankan untuk membuat suatu identifikasi yang mudah dilihat dari jauh dan warna yang menarik.
Untel-untel kami ini sering ditertawakan atau bahkan membuat orang lain tersenyum. Biarkan saja, yang penting kelompok kita selamat di daerah antah berantah yang mungkin belum pernah kita kunjungi sebelumnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar