Kamis, 11 Februari 2010

Manfaat Kandungan Kurma bagi Kesehatan


DATES (Kurma)
Originally uploaded by djokomuljanto
Kurma ini memang buah yang unik, tumbuh di daerah gurun pasir yang gersang, memiliki serat tinggi, bagus untuk kesehatan, disamping rasanya yang enak.

Menurut beberapa penelitian, Buah Kurma ini memiliki beberapa hal fakta yang menarik seperti berikut ini:
- Satu dua butir kurma sudah cukup mengganti energi yang berkurang saat puasa.
- Berdasarkan Data Primer Penelitian Puasa dan Kesehatan 1994 (Puasa dan Kesehatan, Dr.dr.H. Wahjoetomo), perubahan kadar gula darah sebelum dan saat berpuasa relatif kecil (tidak bermakna).
- Mengandung efek seperti Salsilat, zat yang terdapat pada aspirin untuk mengurangi dan menghilangkan rasa sakit dan demam. Selain itu, aspirin juga dapat mencegah pembekuan darah, anti radang dan anti nyeri.
- Mengandung vitamin A dan Niasin, untuk membentuk dan memelihara kulit yang sehat.
- Mengandung Riboflavin dan Niasin, membantu pengolahan produksi energi dari makanan.
- Mengandung Tiamin, untuk membantu melepaskan energi dan karbohidrat yang penting bagi sel-sel saraf. Begitu juga dengan Niasin yang menjaga kenormalan fungsi saraf.
- Mengandung Glukosa, merupakan gula sederhana yang terdapat dalam tubuh kita. Juga mengandung Fruktosa, Merupakan gula yang terdapat pada sebagian besar buah-buahan. Gula yang terdapat pada kurma ini tidak berbahaya bagi kesehatan karena diolah secara alami. Fruktosa mudah dicerna dan diolah oleh tubuh, sehingga untuk orang puasa, kurma sangat cocok untuk dikonsumsi pada saat berbuka untuk mengembalikan energi yang hilang secara cepat setelah seharian berpuasa.
- Mengandung Kalium, zat gizi yang penting bagi fungsi tubuh, terutama untuk jantung dan pembuluh darah. Fungsi minerah ini membuat denyut jantung menjadi teratur, mengaktifkan fungsi otot serta membantu mengatur tekanan darah. Kandungan Kalium yang terdapat pada kurma ini bagus bagi penderita hipertensi. Dengan demikian kontraksi dan relaksasi pembuluh tubuh menjadi bagus, sehingga tidak mudah pecah (resiko yang banyak terjadi bagi penderita stroke)
- mengandung Harmone, yang disebut dengan potuchin, dapat membuat kontraksi pembuluh darah dalam rahim dan otot rahim. Sehingga apabila diberikan kepada wanita yang baru melahirkan dapat mencegah pendarahan setelah masa persalinan.
- Mengandung berbagai vitamin dan mineral penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Komposisi tersebut meliputi vitamin A, vitamin B kompleks, sedikit vitamin C, Riboflavin, Niasin, Tiamin, dan mengandung mineral.
- Potasium bermanfaat mengatasi kelelahan otot, juga menurunkan tekanan darah tinggi dan risiko stroke.
- Seratnya banyak dan baik untuk mengatasi permasalahan pencernaah sehingga membantu melancarkan pembuangan air besar, begitu juga dengan sembelit. Komposisi seratnya yang tinggi hingga mencapai 70% pada saat dikeringkan.
- Tekstur serat pada kurma cukup halus, aman untuk lambung sensitif atau radang usus.
Kombinasi zat besi dan hidrat arang baik bagi penderita anemia dan lesu kronis.
- Satu butir kurma kaya akan energi dalam bentuk hidrat arang (6,1 g), serat, potasium (54,3 mg), dan cukup zat besi.
- Pada saat basah, matang di pohon, komposisi karbohidratnya mencapai 60%.
So? Makan korma yo...! he3x
(diolah dari berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar