Sabtu, 06 Februari 2010

Pembagian Passport dan Biaya Hidup

Pada saat akan meninggalkan Wisma Haji untuk menuju ke Airport, seluruh jemaah dikumpulkan di Aula. Di sini, Calon Jemaah Haji diberikan petunjuk mengenai hal-hal yang perlu diketahui oleh Jemaah, seperti pengecekan dokumen-dokumen, penggunaan dokumen (kapan harus diperlihatkan), Pembagian Gelang identitas, serta hal lainnya. Informasi tersebut disampaikan oleh Panitia dan Staff dari imigrasi.
Gelang sebagai identitas yang dibagikan panitia harus selalu digunakan, gelang tersebut terbuat dari metal, di sana tertulis identitas jemaah, seperti nama, kloter dan emberkasi, nomor passport, serta bendera Indonesia.
Menurut panitia pada hari sebelumnya, Identitas yang ada pada gelang tersebut harus sama dengan dokumen resmi jemaah, jika terdapat perbedaan harus diganti. Namun, pada hari penyerahan kata panitia juga, tidak apa-apa berbeda, yang penting passportnya benar :)
What ever you say lah :)
Masing-masing jemaah diberikan bekal untuk living cost (Biaya Hidup) selama perjalanan sebesar 1500 SR (SR=Saudi Real). Menurut pengamatan Penulis, uang living cost tersebut sebetulnya cukup untuk selama di sana, asal tidak digabungkan dengan anggaran tidak terduga lainnya, seperti shopping, jajan, belanja, beli oleh-oleh, dll (sama aja ya, he3x).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar