Jumat, 12 Februari 2010

Kurma Nabi / Kurma Ajwa


Kurma Nabi, Kurma Ajwa
Kurma Nabi atau Kurma Ajwa, merupakan kurma dengan mutu terbaik. Kurma Ajwa bukanlah kurma biasa, pada zamannya ditanam langsung oleh Rasulullah. Kurma ini merupakan kurma dengan jenis kering, berukuran kecil, agak bulat dan berwarna hitam. Kurma ini memiliki serat hingga 90%. Kurma ini bentuknya tidak lebih besar dari kurma yang lainnya, biasanya hanya setengah ibu jari kita
Karena mutu kurma ini sangat baik, hingga Rasulullah pun meninggalkan pesan buat umatnya, "Barang siapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurma Ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu”. (Riwayat Shahih Al-Bukhari)
Buah kurma sebagaimana di ketahui memang mempunyai khasiat tertentu untuk pengobatan, seperti untuk meningkatkan kadar gula darah, kemudian katanya juga bisa untuk mengobati katarak pada mata dengan memakan paling sedikit 3 buah kurma selama beberapa bulan.
Hadits ini menjelaskan bahwa kurma ajwah bisa untuk menangkal racun dan sihir, mungkin karena kandungan yang ada di dalam kurma ini yang menyebabkan bisa untuk menetralisir racun, karena itulah nabi menganjurkannya memakan 7 buah di pagi hari. Lalu kenapa bisa untuk menangkal sihir, ini menjelaskan bahwa kurma ini membawa keberkahan bagi yang memakannya, di sebabkan Nabi saw sendiri yang menanamnya, bibit dari kurma ini telah bersentuhan dengan tangan baginda Nabi saw yang mulia, yang memang membawa keberkahan, karena itulah kurma ini bisa menangkal sihir.
Pohon kurma ajwah ini masih ada di madinah sampai sekarang, jadi sudah lebih dari 14 abad atau 1429 tahun sejak pertama kali di tanam oleh rasulullah saw, jumlahnya hanya sekitar seratusan pohon.
Kurma Nabi di Madinah tempat kota ditanamnya dijual sekitar 100 SR/Kg atau sekitar Rp.250.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar